1. Pengertian
System Development Life Cycle
System
Development Life Cycle disingkat dengan SDLC. SDLC merupakan siklus
pengembangan sistem. Pengembangan sistem teknik (engineering system
development). SDLC berfungsi untuk menggambarkan tahapan-tahapan utama dan
langkah-langkah dari setiap tahapan yang secara garis besar terbagi dalam empat
kegiatan utama, yaitu initiation, analysis, design dan implementation.
Setiap
kegiatan dalam SDLC dapat dijelaskan melalui tujuan (purpose) dan hasil
kegiatannya (deliverable). SDLC didefinisikan oleh Departemen Kehakiman AS
sebagai sebuah proses pengembangan software yang digunakan oleh analyst system,
untuk mengembangkan sebuah sistem informasi. SDLC mencakup kebutuhan
(requirement), validasi, pelatihan, kepemilikan (user ownership) sebuah sistem
informasi yang diperoleh melalui investigasi, analisis, desain, implementasi,
dan perawatan software. Software yang dikembangkan berdasarkan SDLC akan
menghasilkan sistem dengan kualitas yang tinggi, memenuhi harapan penggunanya,
tepat dalam waktu dan biaya, bekerja dengan efektif dan efsien dalam
infrastruktur teknologi informasi yang ada atau yang direncanakan, serta murah
dalam perawatan dan pengembangan lebih lanjut.
2. Tahapan
Sytem Development Life Cycle
- · System initiation ialah perencanaan awal untuk sebuah proyek guna mendefinisikan lingkup, tujuan, jadwal dan anggaran bisnis awal yang diperlukan untuk memecahkan masalah atau kesempatan yang direpresentasikan oleh proyek. Lingkup proyek mendefinisikan area bisnis yang akan ditangani oleh proyek dan tujuan-tujuan yang akan dicapai. Lingkup dan tujuan pada akhirnya berpengaruh pada komitmen sumber yaitu jadwal dan anggaran yang harus dibuat supaya berhasil menyelesaikan proyek.
- · System analysis ialah studi domain masalah bisnis untuk merekomendasikan perbaikan dan menspesifikasikan persyaratan dan prioritas bisnis untuk solusi. Analisis system ditujukan untuk menyediakan tim proyek dengan pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap masalah-masalah dan kebutuhan-kebutuhan yang memicu proyek. Area bisnis dipelajari dan dianalisis untuk memperoleh pemahaman yang lebih rinci mengenai apa yang bekerja, apa yang tidak bekerja dan apa yang dibutuhkan.
- · System design ialah spesifikasi atau konstruksi solusi yang teknis dan berbasis komputer untuk persyaratan bisnis yang diidentifikasikan dalam analisis sistem. Selama desain sistem, pada awalnya akan mengekspolarasi solusi teknis alternatif. Setelah alternatif solusi disetujui, fase desain sistem mengembangkan cetak biru (blueprint) dan spesifikasi teknis yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan database, program, antarmuka pengguna dan jaringan yang dibutuhkan untuk sistem informasi,
- · System implementation ialah konstruksi, instalasi, pengujian dan pengiriman sistem ke dalam produksi (artinya operasi sehari-hari). Implementasi sistem mengontruksi sistem informasi baru dan menempatkannya ke dalam operasi, selanjutnya dilaksanakan pengujian.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar