SEJARAH
PERKEMBANGAN NVDIA
Berdirinya
nvidia pada tahun 1993 yang di gagas oleh beberapa pendirinya , antara lain
adalah jen hsung huang ( CEO nvidia yang sekarang ) , Curtis Priem dan Chris
malachowsky, ide nama nvidia sebagai nama perusahaan digagas dari
kombinasi antara huruf inisial n sebagai variabel dalam matematika -
dan kata video berasal dari bahasa latin yang artinya melihat hingga akhirnya
nama tersebut memiliki makna "pengalaman visual terbaik" Namun dalam
publikasi dan dokumentasi perusahaan , nama nvidia lebih sering ditulis dalam
huruf kapital NVIDIA
Berikut sejarah produksi grafis nvidia dari tahun ke tahun :
-NVIDIA NV1
-NVIDIA RIVA
lebih dikenal sebagai Riva
128 dirilis pada akhir 1997 , mempunyai 3,5 juta transistor dan berbeda dengan
NV1 yang tidak mendukung direct 3D Riva 128 mendukung penuh direct3D 5 dan
OpenGL API, selain itu kemampuan untuk menampilkan kualitas 2D sangat baik
untuk saat itu.
- NVIDIA RIVA TNT 1 &
2 RIVA
merupakan kepanjangan dari
Realtime interactive Video and Animation Accelarator dan TNT adalah singkatan
dari Twin Texel, TNT pertama kali dirilis pada tahun pada akhir tahun 1998.
TNT2 pada awal 1999, keduanya sebenrnya sangat mirip baik dari kecepatan dan
fitur yang di tawarkan, namun TNT mempunyai sedikit perbedaan yaitu telah
mendukung AGP4x, mendukung memory hingga 32MB, dan proses produksinya sudah
25PM. Persaingan kartu grafis ini adalah dengan 3DFX VooDoo 2 dan 3 ,
matroxG400 dan Ati rage 128 . TNT RIVA merupakan kartu grafis pertama yang 100%
diciptakan oleh nvidia corporation
-NVIDIA GEFORCE 256
Bagi nvidia kartu ini merupakan
pembuka dari semua seri Geforce yang akan muncul selanjutnya, memiliki TMU (
Texture Map Unit ) untuk tiap 4 Pixel pipelines-nya menjadikan arsitektur kartu
grafis ini 100% perbeda dengan seri RIVA TNT, CORE gpu kartu Grafis ini membawa
kecepatan 120 MHZ dan pada seri2
selanjutnya geforce 256 yang membawa memory DDR.
-NVIDIA GEFORCE 2 SERIES
Geforces 2 dirilis dengan dua
varian yang berbeda, GTS dan dan MX. GTS merupakan kasta tertinggi untuk
gerforce 2 dan MX merupakan versi value nya. Seiring berjalannya waktu MX
justru mendominasi penjualan untuk kartu GE force2 mengingat banyak nya OEM
yang menggunakan jartu grafis ini sebagai sebagai bundle untuk PC buatan
mereka, tidak ada banyak perbedaan selain pengurangan kecepatan core dan
memory, keduanya indentik sama. dan dengan sedikit perbedaan dan sedikit
melakukan Overcloking pada GF2MX bisa menyamani GEforce GTS. video card
ini sangat bersejarah bagi saya , karena pertama kali nya me mainkan PC games
dengan menggunakan kartu ini, waktu itu memainkan The Sims 1
-NVIDIA GEFORCE 3 SERIES
Geforce 3 merupakan salah satu
kartu grais nvidia dengan masa hidup yang pendek, keluar pertama kali hanya
versi standar saja, kemudian disusul dengan kemunculan dua carian Ti Ti200 dan
Ti 500. Kartu ini menghadapi kendala yang sangat pelik ketika karena ketiganya
bukanlah kelas value melainkan kelas enthusiast semua, dengan tidak
menghadirkan kelas value, maka card ini pun sangat kalah bersaing dengan radeon
versi 8500
-NVIDIA GEFORCE 4 SERIES
NVIDIA geforce 4 ini juga
merupakan salah satu seri tersukses dari semua Geforce yang ada. Membawa dua
varian untuk dua pangsa pasar yang berbeda menjadikan card ini mempunyai
pilihan bagi jenis konsumen, kalangan enthusiast mendapatkan versi Ti dan
kalangan yang mementingkan budget mendapatkan versi MX, seperti layaknya kartu
sukses, Geforce 4 mempunyai jenis kartu yang cukup laris manis di pasaran,
MX440 dan Ti 4200
-NVIDIA GEFORCE FX SERIES.
Karena ingin
terburu-buru menyaingi aTi radeon 9700 series, Nvidia kemudian menelurkan
kartu grafis yang mungkin umurnya paling pendek dalam sejarah nvidia, kini
varian High-end dan konsumen tidak lagi berbagi atas versi Ti dan MX namun
angka kedua dari 4digit yang ada menandakan pangsa pasarnya. Kegagalan seri ini
adalah letak bus widht interface ( BIT ) yang masih menggunakan 128 - bit sedangkan
ATI sudah beralih ke 256 BIT yang memungkinkan mengolah grafis dalam resolusi
besar. hal ini lah yang membuat kartu ini gagal total bersaing dengan ati 9700,
apalagi kalau di test pixel shadernya , akan sangat terlihat bahwa katru grafis
ini memang bukan tandingan langsung radeon 9700 dari segi apapun juga.
-NVIDIA GEFORCE 6 SERIES
Terlahir dengan GPU code name NV40 , seakan ingin menjawab semua tantangan ATI kartu grafis ini memberikan semua yang bisa tidak bisa diberikan oleh seri FX. Pembenahan arsitektur mandasar, implementasi Vertex Shader 3.0 dan Pixel Shader 3.0 yang hanya bisa berjalan di directx 9.0c sudah terdapat dikartu grafis ati. akhirnya kalang kabut juga karena kartu ini benar - benar melebihi ekspektasi pihak nvidia dengan menghadirkan sejumlah power baru untuk menyaingi x800 milik ati,inilah pukulan balik nvidia terhadap ati.
-GEFORCE 7 SERIES .
Nvidia semakin di atas angin dengan menghadirkan Geforce seri 7, karena saat itu Ati belum bisa mengejar kinerja Nvidia saat mereka terkena pukulan telak oleh nvidia dengan seri 6. sebagai flagship pertama nya 7800 kemudian ati merilis seri X1800XT dan lahir 7900 dari nvidia, dan disaingi oleh X1950XTX, dan senjata pamungkas ketika itu, nvidia merilis 7950x2 yang membungkam semua kartu grafis yang dimiliki Ati, dan seri 7 ini merupakan salah satu seri tersukses dari nvidia karena tersedia dari kelas high end hingga value dan semua nya bekerja optimal.
-GEFORCE 8 SERIES
Geforce 8 series merupakan seri
paling fenomenal ketika itu, karena Nvidia membuat seri atas seperti 8800GTX
dan 8800Ultra dengan harga yang selangit, hampir menyamai harga sebuah motor
pada saat itu seri ini pun sangat berjaya karena ati dengan
mengeluarkan seri 2xxx kurang sukses karena selalu bermasalah denga kompatibiltas
driver. Nvidia 8000 series menjadi seri paling pamungkas dengan menghadirkan
8800GTX, 8800GTS, dan 8800Ultra, kartu grafis seri ini pun pertama kali nya
seri nvidia menggunakan aplikasi DX10 untuk windows vista.
-GEFORCE 9 SERIES
VGA ini merupakan keluaran
dari Nvidia yang paling populer dikalangan masyarakat, karena termasuk vga
“High End” dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang memiliki
128 stream processor, dan 256-bit memory bus.
-GEFORCE 100 SERIES
-GEFORCE 100 SERIES
GeForce 100 Series adalah keluarga graphics processing
unit yang dikembangkan oleh Nvidia. Kartu pertama seri
inidiluncurkan pada bulan Januari 2009. Serupa
dengan GeForce 300 series, GeForce 100 series terdiri
dari video card re-brandeddari generasi sebelumnya hanya
tersedia untuk OEM.
-GEFORCE 200 SERIES
GeForce 200 Series adalah generasi
ke-10 dari GeForce graphics processing
unit Nvidia, yang berfungsi sebagaipengantar
untuk arsitektur Tesla (GT-nama
kode chip), dinamai penemu Kroasia-Serbia dan fisikawan Nikola
Tesla.
GT200 adalah GPU komersial terbesar yang pernah dibangun. Ini terdiri dari 1,4 miliar transistor meliputi 576 mm2 die luas permukaan dibangun pada proses 65 nm. Sampai saat ini, GT200 adalah chip terbesar CMOS-logika yang telah dibuat di TSMC pengecoran. GeForce 400 Series sejak menggantikan GT200 chip dalam jumlah transistor. GeForce series ini menghadapi saingan ATI Radeon HD 4000 Series, yang diluncurkan pada bulan yang sama.
GT200 adalah GPU komersial terbesar yang pernah dibangun. Ini terdiri dari 1,4 miliar transistor meliputi 576 mm2 die luas permukaan dibangun pada proses 65 nm. Sampai saat ini, GT200 adalah chip terbesar CMOS-logika yang telah dibuat di TSMC pengecoran. GeForce 400 Series sejak menggantikan GT200 chip dalam jumlah transistor. GeForce series ini menghadapi saingan ATI Radeon HD 4000 Series, yang diluncurkan pada bulan yang sama.
-GEFORCE 300 SERIES
GeForce 300 Series adalah keluarga graphics processing
unit yang dikembangkan oleh Nvidia. Kartu pertama seri
inidiluncurkan pada bulan November 2009. Serupa
dengan GeForce 100 series, GeForce 300 series terdiri
dari video cardre-branded dari generasi sebelumnya hanya tersedia untuk
OEM. Semua GPU seri mendukung Direct3D 10.0
-GEFORCE 400 SERIES
GeForce 400 Series adalah
generasi ke-11 dari GeForce graphics processing
units Nvidia, yang berfungsi sebagaipengantar
untuk arsitektur Fermi (GF-nama
kode chip), dinamai fisikawan
Italia Enrico Fermi. Seri ini awalnyadijadwalkan untuk
produksi pada bulan November 2009, satu atau dua bulan
setelah ATI Radeon HD 5000dikeluarkan, tapi, setelah
beberapa penundaan, diluncurkan pada tanggal 26 Maret 2010
dengan ketersediaanmenyusul pada bulan April 2010.
Nvidia mengklaim bahwa
arsitektur Fermi adalah langkah besar berikutnya
dalam lini GPU mengikuti G80 tersebut. GF100, produk
pertama Fermi-arsitektur, dengan besar 512 stream
processor, di dalam 16 kelompok dari 32, dan
3,0miliar transistor, diproduksi
oleh TSMC menggunakan proses 40 nm. Ini
adalah chip pertama Nvidia yang mendukung OpenGL 4.0
dan Direct3D 11.
-GEFORCE 500 SERIES
GeForce 500 Series masih keluarga dari GPU Nvidia dan masih
menggunakan arsitektur Fermi yang digunakan pada GeForce 400 Series. GeForce
500 Series diluncurkan tanggal 9 November 2010 dengan keluarnya GeForce
GTX 580.
Nvidia Geforce 500 Series adalah kartu grafis yang mendukung DirectX 11, OpenGL 4.3, dan OpenCL 1.1.
Nvidia GeForce GTX 580 adalah kartu grafis pertama di Nvidia GeForce 500 Series untuk menggunakan chip sepenuhnya diaktifkan berdasarkan arsitektur Fermi segar, dengan semua 16 multiprocessors streaming cluster dan semua enam pengendali memori 64-bit aktif. Baru GF110 GPU telah ditingkatkan dengan kecepatan penuh FP16 penyaringan (generasi sebelumnya GF100 GPU hanya dapat melakukan setengah kecepatan FP16 penyaringan).
Nvidia Geforce 500 Series adalah kartu grafis yang mendukung DirectX 11, OpenGL 4.3, dan OpenCL 1.1.
Nvidia GeForce GTX 580 adalah kartu grafis pertama di Nvidia GeForce 500 Series untuk menggunakan chip sepenuhnya diaktifkan berdasarkan arsitektur Fermi segar, dengan semua 16 multiprocessors streaming cluster dan semua enam pengendali memori 64-bit aktif. Baru GF110 GPU telah ditingkatkan dengan kecepatan penuh FP16 penyaringan (generasi sebelumnya GF100 GPU hanya dapat melakukan setengah kecepatan FP16 penyaringan).
Pada tanggal 25 Januari 2011, Nvidia
meluncurkan GeForce GTX 560 Ti, yang menargetkan "sweet spot" segmen
mana rasio harga / kinerja yang dianggap penting. Dengan peningkatan yang
lebih dari 30% dari GTX 460, dan kinerja di antara Radeon HD 6870 dan 6950 1GB,
GTX 560 Ti langsung menggantikan GeForce GTX 470.Pada tanggal 17 Februari 2011,
dilaporkan bahwa GeForce GTX 550 Ti akan meluncurkan pada tanggal 15 Maret
2011. Meskipun GTX 550 Ti adalah sebuah chip utama GF116, Nvidia telah
memilih untuk nama kartu baru GTX 550 Ti, dan bukan GTS 550. Kinerja telah
terbukti setidaknya sebanding dan sampai 12% lebih cepat dari saat ini Radeon
HD 5770. Harga-bijaksana, tapak kartu baru ke kisaran yang ditempati oleh
GeForce GTX 460 (768 MB) dan Radeon HD 6790.Pada tanggal 24 Maret 2011, GTX 590
diluncurkan untuk kartu grafis utama untuk Nvidia.
GTX 590 adalah kartu dual-GPU, mirip dengan rilis terakhir seperti GTX 295,
dan menawarkan potensi untuk menangani teknologi 3D Vision Nvidia dengan
sendirinya.Pada tanggal 13 April 2011, GT 520 diluncurkan sebagai kartu
bottom-end di kisaran, dengan kinerja yang lebih rendah daripada kartu jumlah
setara dalam dua generasi sebelumnya, GT 220 dan GT 420. Namun,
mendukung DirectX 11 dan tetap kuat daripada GeForce G210, GeForce G310,
dan pilihan grafis terintegrasi Intel pada CPU.Pada tanggal 17 Mei 2011, Nvidia
meluncurkan versi lebih murah (non-Ti) dari GeForce GTX 560 Nvidia untuk
memperkuat harga-kinerja di kisaran $ 200. Seperti lebih cepat GTX 560 Ti
yang datang sebelum itu, ini kartu video juga lebih cepat dibanding GeForce
460. Versi standar ini kartu video melakukan comparably ke AMD Radeon HD
6870, dan akhirnya akan menggantikan Geforce 460.
Versi premium dari kartu
ini beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi (pabrik overclocked), dan
sedikit lebih cepat dari Radeon 6870, mendekati kinerja versi dasar dari Radeon
HD 6950 dan GeForce GTX 560 Ti.Pada tanggal 28 Nopember 2011, Nvidia
meluncurkan "GTX560Ti Dengan 448 Cores" Namun, tidak menggunakan
silikon dari seri GTX560:. Itu adalah sebuah chip GF110 dengan dua blok shader
dinonaktifkan. Versi yang paling kuat dari seri 560, kartu ini secara luas
dikenal sebagai "produksi terbatas" kartu dan digunakan sebagai alat
pemasaran memanfaatkan popularitas GTX560 merek untuk musim liburan
2011. Kinerja kartu berada antara 560Ti reguler dan 570.
-GEFORCE 600 SERIES
-GEFORCE 600 SERIES
GeForce 600 Series adalah
keluarga graphics processing unit dikembangkan oleh Nvidia, yang
digunakan dalam PC desktop dan laptop. Berfungsi
sebagai pengantar untuk arsitektur Kepler (GK-nama
kode chip), dinamaimatematikawan Jerman, astronom, dan astrolog Johannes Kepler. GeForce 600 kartu
seri pertama kali dirilis pada tahun 2012.
Dimana tujuan dari arsitektur sebelumnya, Fermi, adalah untuk meningkatkan kinerja baku (terutama untukmenghitung dan tessellation), tujuan Nvidia dengan arsitektur Kepler adalah untuk meningkatkan kinerja per watt, sementara masih berjuang untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
Dimana tujuan dari arsitektur sebelumnya, Fermi, adalah untuk meningkatkan kinerja baku (terutama untukmenghitung dan tessellation), tujuan Nvidia dengan arsitektur Kepler adalah untuk meningkatkan kinerja per watt, sementara masih berjuang untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
Cara utama mereka mencapai tujuan
ini adalah melalui penggunaan unified
clock Dengan meninggalkan shader clock ditemukan dalam
desain GPUmereka sebelumnya, efisiensi meningkat, meskipun membutuhkan
lebih core untuk mencapai tingkat yang samakinerja. Ini
bukan hanya karena core yang lebih hemat daya (dua
core Kepler menggunakan sekitar 90% darikekuatan satu
inti Fermi, menurut angka Nvidia), tetapi juga
karena penurunan clock speed memberikanpengurangan 50%
konsumsi listrik di daerah itu.
Kepler juga memperkenalkan bentuk baru penanganan tekstur dikenal sebagai tekstur bindless. Sebelumnya,tekstur perlu terikat oleh CPU ke slot tertentu dalam tabel berukuran tetap. Hal ini menyebabkan dua keterbatasan: satu adalah bahwa karena meja itu tetap dalam ukuran, akan ada banyak tekstur yang digunakan pada satu waktubisa muat dalam tabel ini (128). Yang kedua adalah bahwa CPU melakukan pekerjaan yang tidak perlu: itu memuat setiap tekstur, dan juga mengikat setiap tekstur dimuat dalam memori ke slot dalam tabel mengikat. Dengantekstur bindless, keterbatasan tersebut dapat dihapus.. GPU dapat mengakses setiap tekstur dimuat ke memori, meningkatkan jumlah tekstur yang tersedia dan menghapus kerugian karena kinerja mengikat.
Akhirnya, dengan Kepler, Nvidia mampu meningkatkan clock memory sampai 6 GHz. Untuk mencapai hal ini, mereka perlu untuk merancang sebuah memory controller yang sama sekali baru dan bus. Ini jauh di atas kecepatan 4 GHzdari memori controller untuk Fermi.
Kepler juga memperkenalkan bentuk baru penanganan tekstur dikenal sebagai tekstur bindless. Sebelumnya,tekstur perlu terikat oleh CPU ke slot tertentu dalam tabel berukuran tetap. Hal ini menyebabkan dua keterbatasan: satu adalah bahwa karena meja itu tetap dalam ukuran, akan ada banyak tekstur yang digunakan pada satu waktubisa muat dalam tabel ini (128). Yang kedua adalah bahwa CPU melakukan pekerjaan yang tidak perlu: itu memuat setiap tekstur, dan juga mengikat setiap tekstur dimuat dalam memori ke slot dalam tabel mengikat. Dengantekstur bindless, keterbatasan tersebut dapat dihapus.. GPU dapat mengakses setiap tekstur dimuat ke memori, meningkatkan jumlah tekstur yang tersedia dan menghapus kerugian karena kinerja mengikat.
Akhirnya, dengan Kepler, Nvidia mampu meningkatkan clock memory sampai 6 GHz. Untuk mencapai hal ini, mereka perlu untuk merancang sebuah memory controller yang sama sekali baru dan bus. Ini jauh di atas kecepatan 4 GHzdari memori controller untuk Fermi.
-GEFORCE 700 SERIES
GeForce 700 Series
akan menjadi keluarga graphics processing unit dikembangkan
oleh Nvidia, yang akan digunakan dalam PC desktop dan
laptop. Hal ini didasarkan pada refresh arsitektur Kepler (GK-nama
kode chip), yang digunakan
dalam versi sebelumnya GeForce 600 Series. Sejumlah GeForce 700 chip seri telah
dirilis untuk perangkat mobile pada bulan
April 2013. GeForce 700 kartu seri pertama kali
dirilis Mei 2013, dimulai dengan merilis GeForce
GTX 780 pada tanggal 23 Mei 2013
KESIMPULAN
Dalam makalah yang saya buat kali
ini saya dapat menyimpulkan bahwah Perkembangan VGA card atau kartu grafis
sangatlah cepat dan semakin hari perkembangan tersebut akan semakin canggi
terlihat dari penemuan pertama vga card yang masih mengunakan kualitas gambar
yang masih minim seperti grafik yang masih 2D sampai VGA card yang kualitas
gambarnya sudah bagus yang sudah sampai 3D VGA card yang telah memiliki grafis
3D masih dikembangkan lagi sampai yang paling canggi dan memiliki kedetailan
gambar yang lebih bagus lagi . dari semua yang ada saya mempunyai 1 Kesimpulan
bahwah manusia itu tidaklah memiliki rasa puas atas apa yang telah mereka
miliki dan saya yakin kedepan grafik dalam computer akan terus dikembangkan
lebih canggih lagi .
DAFTAR PUSTAKA
http://letmeknows.blogspot.co.id/2013/07/sejarah-graphics-cards-nvidia.html
http://ptiuksw.blogspot.co.id/2015/10/makalah-sejarah-perkembangan-vga-card_17.html
0 komentar:
Posting Komentar